Pengertian Bootloop Di Android

Bootloop merupakan kejadian dimana perangkat android mengalami gagal booting / tidak membuka halaman Interface Operasi System / tidak bisa masuk ke halaman Home Screen / Restart berulang - ulang. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak hal.

Penyebab HP Andoid Bootloop

1. Memodifikasi Sistem Software

Apakah sebelum bootloop anda melakukan modifikasi pada sistem ? contoh sederhananya anda melakukan Rooting ? jika ya, maka itu merupakan salah satu hal yang membuat android menjadi bootloop, Perlu anda ketahui, ketika anda membeli HP android, anda hanya menjadi user biasa bukan super user atau maksudnya bukan administrator (Kalau di Windows). Karena jika anda mendapatkan hak akses root maka dengan itu anda dapat menambah, mengurangi sistem android yang dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Ketika sistem tidak stabil maka ini merupakan penyebab hp android menjadi BOOTLOOP. 

2. Meng-Overlock Android

Beberapa orang melakukan kegiatan overlocking pada hp androidnya untuk mendapatkan performa yang lebih baik, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkam ketidakstabilan Sistem android.
Jika anda memang perlu overlock maka jangan terlalu tinggi dari standarnya, misalkan jika prosesor 1 Ghz anda boleh saja menaikan Core Clock prosesor menjadi 1,2 Ghz akan tetapi lebih baik jangan melakukan overlocking, untuk menghindari bootloop pada hp android, lebih baik membeli HP sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Gagal Ota Update / Gagal Flasing

Jika di hp anda ada pemberitahuan update software . namun saat update berjalan Batre di hp anda habis , update hanya dilakukan setengah jalan . ini adalah penyebab android bootloop yang paling sering terjadi, untuk amannya jika anda ingin melakukan OTA update ushakan batre anda berada di 80%.

Jika anda melakukan Flasing namun versi firmware tidak sesuai atau tiba tiba listrik mati atau internet mati ketika sedang melakukan proses flash ini juga merupakan penyebab hp android menjadi Bootloop.

4. Penyimpanan Internal Penuh

Membiarkan Penyimpanan internal penuh adalah salah satu penyabab Crashnya sistem android, dimana saat android anda berjalan tidak mampu menyimpan Cache yang berjalan dan menyababkan Kegagalan Proses Sistem. Ada baiknya jika penyimpanan internal sudah terpakai 80% anda melakukan Back up Foto, Video, Musik kedalam Memory Eksternal (Sd Card), PC/Laptop. Agar Sistem Operasi Android berjalan dengan baik.

Bagaimana menurut Barudax ? apakah masih bingung dengan penjelasan diatas, kalau masih bingung silahkan berkomentar  beserta pertanyaan yang anda diinginkan. ada banyak Cara Mengatasi Hp android Bootloop namun anda harus perlu kesabaran untuk melakukannya .

Terima Kasih . Semoga Bermanfaat .

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Bootloop Di Android"

Post a Comment